Busana Yang Cocok Untuk Iklim Tropis

Rabu, 13 Apr 2016  | Kategori : Fashion Info

Bagi kita yang tinggal di negara tropis, pilihlah busana yang nyaman dan dapat menyerap keringat. Hal ini berguna agar saat beraktivitas seharian, Anda tetap terlihat menarik meski di udara panas. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memilih gaya busana yang cocok digunakan di negara tropis seperti negera kita, Indonesia.

Untuk Wanita:

1. Bright day wear

Pakailah blus dan rok pensil berwarna cerah. Lalu tambahkan belt berwarna gelap sebagai penunjang gaya. Kenakan juga beberapa aksesori seperti kalung dan gelang berwarna netral. Gaya ini dapat membuat penampilan Anda tampak fresh saat pergi ke kantor.

2. Go all white

Busana berwarna putih dapat menyerap keringat, serta memberi tampilan nyaman untuk dipakai di negara tropis. Anda bisa memakai white dress atau kemeja putih sebagai pilihan. Selain itu, busana putih juga cocok dipadukan dengan berbagai macam jenis aksesori.

3. Above the knee

Kenakanlah kemeja putih dan rok floral mini sebagai pilihan gaya untuk ke kantor. Untuk tampilan yang lebih profesional, Anda bisa memadukannya dengan kardigan hitam atau blazer. Lalu tambahkan juga kalung berwarna senada dan flat shoes hitam. Gaya ini akan memberi tampilan chic yang menawan di musim panas.

 

Untuk Pria:

1. Hindari bahan wol terlalu tebal.

Bahan ini sangat populer di Eropa hampir sepanjang tahun, kecuali selama musim panas. Sebagai saran, Anda tetap bisa memilih potongan atau model yang sedang menjadi tren di Eropa, tetapi pilihlah yang berbahan lebih tipis.

Misalnya, jaket Mac berbahan katun tanpa lapisan (kain dalam) penghangat. Begitu juga dengan blazer, pilihlah yang berbahan katun atau linen.

bahan woll fashion pria

Selain lebih ringan daripada wol, bahan-bahan ini lebih mudah dicuci, baik menggunakan tangan maupun mesin cuci.

2.Memilih warna – warna cerah

Meskipun hitam merupakan warna yang paling cocok untuk Pria, mulai dari pakaian formal sampai jaket kasual, warna ini belum tentu cocok dikenakan di Indonesia, terutama di luar ruangan.

men mac jacket man trench jacket jaket trech coat pria

Dalam hal pemilihan warna, pilihlah warna-warna cerah klasik semisal krim atau gading untuk jaket Mac, trench coat, dan peacoat. Atau, jika Anda berani tampil lebih menonjol, pilihlah warna-warna pastel. Hitam tentu saja tetap bisa dipilih untuk jaket dalam ruangan berpendingin atau setelan jas.

3. Jumper & Cardigan sebagi pemanis.

Jumper merupakan sebutan umum untuk sweater di Inggris. Masyarakat Indonesia mengikuti sebutan sweater yang umum dipakai di Amerika. Bagaimana pun Anda menyebutnya, jenis pakaian ini biasanya berupa rajutan berbentuk kaus lengan panjang untuk lapisan luar.

Sebagai pemanis kemeja, pilihlah jumper atau kardigan polos berbahan katun karena, untuk masyarakat Indonesia, tujuan utamanya hanyalah sebagai pemanis bukan penghangat.

Tetap kenakan kemeja yang layak sehingga ketika jumper atau kardigan dilepas, paduannya dengan celana tetap serasi. V-neck jumper lebih baik dipilih untuk merangkap kemeja berdasi, asalkan kerah tersebut tidak jatuh terlalu rendah di dada untuk mempertahankan kesan formal.

4. Gunakan ukuran seperlunya.

Khusus untuk trench coat, ukuran panjang lazim dipakai di Eropa karena juga berfungsi sebagai overcoat untuk melapisi jas. Panjang tersebut biasanya sampai pertengahan antara lutut dan mata kaki. Untuk Indonesia, ukuran ini tentu saja tidak perlu.

Dalam hal pemilihan ukuran, pilihlah versi yang lebih pendek, misalnya sepanjang pertengahan paha seperti pada jaket Mac. Pertimbangkan juga tinggi badan Anda karena trench coat yang terlalu panjang justru akan membuat pemakai yang tidak terlalu tinggi semakin tenggelam dan terkesan pendek.

5. Gunakan Bahan atau Material yang tepat.

Selain beberapa faktor diatas, perhatikan juga dari faktor bahan atau material pakaian yang akan digunakan. Berikut ini adalah Bahan yang nyaman untuk iklim tropis:

BAHAN SERAT ALAMI

KATUN: Sifat bahannya yang mudah menyerap air dan udara membuat bahan ini sangat nyaman digunakan sebagai bahan busana kasual, busana kerja atau busana olahraga.

LINEN: Karena sifatnya yang hampir menyerupai katun, bahan ini juga sangat cocok untuk busana iklim tropis, khususnya untuk busana kasual.

FLANEL: Karena terbuat dari serat alam, yang mudah menyerap air dan udara, flanel yang terbuat dari katun cocok juga digunakan untuk busana iklim tropis, khususnya sebagai busana kasual, seperti blouse/kemeja sehari-hari atau busana tidur.

BAHAN SERAT BUATAN (SINTETIS)

NILON: Bahan sintetis pengganti sutra yang kuat ini juga mempunyai sifat mudah air dan udara, sehingga cocok untuk berbagai jenis busana di iklim tropis.

RAYON: Sifatnya yang menyerupai sutra yang kuat, lembut dan menyerap kelembaban, membuat rayon nyaman digunakan sebagai bahan jas, kemeja dan busana semi formal. Bila dicampur dengan asetat dapat digunakan sebagai bahan rajut atau busana renang.


Posting Lama

Posting Terbaru
 BANTUAN